Retroaksi (2)

Tambologi #1: Retroaksi, repertoar Teater Tambologi pertama yang mengusung konsep Pementasan ala Teater Tambologi sendiri mendapatkan beberapa tanggapan berharga. Selain tulisan Agnes Rita Sulistyawati berjudul "Cyber di Pentas Teater Padang" kabar pementasan Tambologi #1: Retroaksi juga dirulis salah seorang wartawan Padang Ekspres, seperti berikut ini.

STSI ”Pukau” Penonton
 Jumat, 02 Mei 2008
Padang, Padek– ”Kata…., makna…, tanda…, zat.” Penggalan ucapan ini dilontarkan Wendi HS dan Dede Pramayoza saat menampilkan teater yang berjudul ”Tambologi #1: Retroaksi” di Taman Budaya Padang Rabu (30/4). Kedua kreator ini mengambil kata-kata dari hasil pemikirannya setelah membaca tambo. Memberikan warna tersendiri dalam dunia teater Sumbar. Kata-kata itu yang selalu terucap dari kedua aktor. Meski minim kata, penampilannya tampak hidup dan mampu mengisi ruang-ruang panggung yang kosong. Hal itu ditutup Wendi HS dan Dede Pramayoza dengan bloking-bloking yang tergolong menegangkan. Bahkan bunyi tonggak-tonggak simbol payung pun membuat penampilannya semakin hidup.

Selain itu, gestur dan bloking yang memenuhi panggung membuat penonton berpikir keras untuk menangkap maknanya. Sehingga Dona (20), salah seorang penonton hanya mengaggap itu sebagai dunia digital yang hidup di tengah-tengah masyarakat Minangkabau. Sehingga nuansa warna musik bansi dan saluang mulai tergantikan dengan musik-musik digital. Teater garapan mahasiswa STSI Padangpanjang ini tergolong absurd. Karena minim kata kaya gestur. Di atas panggung Wendi HS dan Dede Prama Yoza yang mengenakan baju taluak balango yang dikombinasikan dengan sepatu anak muda sekarang. Sementara dibagian kakinya mereka mengenakan kaus kaki warna putih hingga lutut. (mg7)

Sumber: www.padangekspres.co.id

 

Tambologi Fans Page on Facebook

Tambologi Twitter Update

About Tambologi Theatre

Different ThemesTeater Tambologi is a theatre group based in the small town Padang-panjang, West Sumatra, Indonesia, founded by Dede Pramayoza and Wendy HS in 2006. Teater Tambologi engaged in theatre studies and practice, performing arts and also cultural activities related to the tambo, randai, Minangkabau culture, and humanity at large.

Teater Tambologi
Jl. Rohana Kudus Perum Graha Citra Mandiri Blok C No.4 Kel. Kp. Manggis, Padangpanjang Sumatera Barat 27111
email: tambologi2006@gmail.com url:www.teatertambologi.org