TAMBO RANTAU

Produksi ke-4 Teater Tambologi diberi Judul TAMBO RANTAU: (Kabar dari Nagari Laki-Laki), yang berangkat dari tematika ‘rantau’, satu persoalan yang dekat dengan budaya dan kehidupan masyarakat Minangkabau. Namun seiring bergantinya zaman, persoalan merantau agaknya tak lagi sama, sehingga perlu dikaji dan didialogkan bersama lagi. Inilah yang coba dilakukan Teater Tambologi dalam produksi kali ini.

Meski secara tematik, TAMBO RANTAU memiliki irisan yang cukup padat dengan Tambologi #1: Retroaksi, dan Tambologi #2: Ovullum, namun Teater Tambologi mencoba menerapkan konsep dan metode yang berbeda dalam produksi kali ini. Teks dramatik dan lakon TAMBO RANTAU: Kabar dari Nagari Laki-laki dikonstruksikan bersama oleh para pendukungnya dari data empiris mereka masing-masing. Melalui diskusi tematik dan eksplorasi artistik intensif selama 4 bulan, Teater Tambologi berusaha membangun metode penciptaan sendiri, yang diharapkan dapat mulai dijajaki pada proses TAMBO RANTAU ini.

Demikian halnya dengan pilihan gaya artistik. TAMBO RANTAU: Kabar dari Nagari Laki-laki mencoba menggabungkan beberapa gaya artistik. Seleksi artistik dilakukan berdasarkan kebutuhan pemanggungan khas kondisi publik teater Sumatera Barat masakini. Oleh sebab itu, pertunjukan ini oleh Teater Tambologi sengaja dipentaskan di dua lokasi yang telah disebutkan terdahulu. Harapannya, potensi artistik TAMBO RANTAU: Kabar dari Nagari Laki-laki dapat mengatasi keterbatasan ‘panggung’ pada dua tempat tersebut.

Karya peraih Hibah Seni untuk kategori Karya Inovatif ini, didukung oleh sejumlah nama, yang diharapkan dapat memberi nilai lebih pada garapan ini. Selain dua pendiri Teater Tambologi, yakni Dede Pramayoza dan Wendy HS, di belakang produksi TAMBO RANTAU: Kabar dari Nagari Laki-laki, terdapat nama-nama seperti: Sahrul N (Pimpinan Produksi), Pandu Birowo (Dramaturg), Syukra Maulana (Musik Direktor), serta Andy Jagger, Suci Fitri, Winda Sesmita, Fitri Noveri dan Roni (Aktor).

Untuk Informasi Pertunjukan, silahkan menghubungi: Sekretariat Teater Tambologi, Jl. Bahder Johan No. 15 Kampung Dobi Pasar Usang Padangpanjang Sumatera Barat 27128. Telp. 0752-7030738, HP.085274742300/081363594788, atau e-mail:tambologi@yahoo.com, dialekticaku@yahoo.co.id, deprayoza@gmail.com

 

Tambologi Fans Page on Facebook

Tambologi Twitter Update

About Tambologi Theatre

Different ThemesTeater Tambologi is a theatre group based in the small town Padang-panjang, West Sumatra, Indonesia, founded by Dede Pramayoza and Wendy HS in 2006. Teater Tambologi engaged in theatre studies and practice, performing arts and also cultural activities related to the tambo, randai, Minangkabau culture, and humanity at large.

Teater Tambologi
Jl. Rohana Kudus Perum Graha Citra Mandiri Blok C No.4 Kel. Kp. Manggis, Padangpanjang Sumatera Barat 27111
email: tambologi2006@gmail.com url:www.teatertambologi.org